LAMR Dumai Gelar Musda III

Written By Unknown on Senin, 19 November 2012 | 23.16

Lensadumai - Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) kota Dumai, menggelar Musyarawah Daerah (Musda) ke-III tahun 2012, sekaligus memilih pengurus baru untuk periode 2012-2017 mendatang. Dibuka secara lansung walikota Dumai Khairul Anwar,  Senin (19/11) malam.
Dikatakan Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR, H Tenas Effendy. LAMR akan berperan untuk mengembangkan dan mengenalkan adat yang sebenar-benar agar menggenerasi kepada anak cucu.
Menurut Tenas, LAMR juga bisa menjadi penunjuk dalam mengajak masyarakat untuk menerapkan hubungan keluarga antara pemerintah dan masyarakat.
“Peranan LAMR juga mengembalikan sistem adat istiadat sebagai mana yang diwariskan oleh nenek moyang terdahulu, sebab adat sangat penting dalam kehidupan sehari-hari sebagai bunyi pepatah tak lapuk karena hujan, dan tak lekang karena panas,” terangnya.
“Di Riau banyak keragaman, minimum adat Melayu itu masih bersendikan Islam. Begitu pun, keragaman adat melayu seperti matriarkat (garis turunan ayah) dan patriarkat (garis turunan ibu) perlu dijaga,” himbaunya.
Sementara itu, Walikota Dumai H Khairul Anwar dalam sambutanya, mengatakan LAMR merupakan mitra kerja Pemko Dumai dalam memajukan budaya di Dumai.
“Bukan hanya mendukung pembangunan, LAMR Dumai juga harus berperan dalam memajukan bidang pendidikan. LAMR Dumai semakin memajukan budaya Dumai sehingga tak lekang dimakan waktu. LAMR Dumai juga harus berkarya nyata kedepannya dalam memajukan dan menggali potensi budaya Dumai yang sudah ada.***(dumaisatu)

0 komentar:

Posting Komentar