Panen Raya Kelompok Tani Jaya Mandiri

Written By Unknown on Rabu, 05 Desember 2012 | 22.25

Dumai - Kelurahan Tanjung penyembal yang berlokasi di Kecamatan Sungai Sembilan Sebagai salah satu Desa Mandiri Pangan, kembali melakukan kegiatan panen raya hasil usaha perkebunan kelompok tani Jaya Mandiri, Rabu (05/12). Panen raya yang ke-18 kali ini yaitu komoditi mentimun dilahan seluas 2400 meter persegi, dan sudah mengasilkan dua ton lebih.

Dikegiatan panen raya kali ini yang dihadiri Ketua DPC, PDI-P Kota Dumai, Khairul Saleh, Camat Sungai Sembilan, Zulkarnain MSi, Lurah Tanjung penyembal, Muhtadi, Kasi Distribusi dan Kewaspadaan pangan, Distanbunhut, Hj Hermiah, Sekretaris DPC PDI-P, Uber Firdaus, wakil Ketua PAC Sungai Sembilann PDI-P, Mulyadi, PPL serta tokoh masyarakat, Sekdako Dumai, H said Mustafa memberikan apresiasi kepada masyarakat Sungai Sembilan yang sangat konsisten mengembangkan bidang pertanian, karena ditengah animo masyarakat yang tinggi untuk bertanam sawit masih ada yang bergerak dibidang pertanian.
''Bahkan yang saya dengan hasil komoditi pertanian dari masyarakat Sungai Sembilan, khususnya Tanjung penyembal ini tidak saja untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Sungai Sembilan bahkan masyarakat Kota Dumai lainnya,''ujarnya. seperti siaran pers dari humas Pemko Dumai
Saat ini Pemerintah Kota Dumai melalui Distanbunhut pada 2013 mendatang akan memanfaatkan keberadaan terminal agro bisnis untuk mengekspor hasil pertanian masyarakat Dumai khususnya yang berdaun lebar, bahkan panen perdana di Bagan Besar akan dilakukan Januari mendatang, makanya diharapkan nantinya ada juga hasil pertanian masyarakat Sungai Sembilan yang akan diekspor keluar.
Untuk meningkatkan hasil pertanian di keterbatasan lahan saat ini, tambah Sekda, masyarakat bisa berkoordinasi dengan Lurah dan Camat jika ingin memanfaatkan lahan tidur milik perusahaan atau milik pengusaha yang belum dimanfaatkan dengan sistem pinjam pakai, ini dilakukan agar kehidupan masyarakat meningkat.
Ketua DPC PDI-P, Khairul saleh menuturkan bahwa banyaknya bantuan dana dan program dari APBN seharusnya menjadi cambuk Pemko Dumai mengingat mengapa Pemko Dumai tidak mendukung kegiatan baik dari segi dana dan program untuk para petani.
''Potrensi pertanian di Kota Dumai ini sangat besar, harusnya ini menjadi perhatian serius Pemko Dumai, dan Fraksi PDI-P siap mendukung semua proposal yang diajukan demi kesejahteraan petani,''ujarnya.
Sedangkan Kasi Distribusi dan Kewaspadaan Pangan, Distanbunhut Kota Dumai, Hj hermiah dalam kesempatan ini mengungkapkan Desa mandiri pangan ini merupakan pogram badan ketahangan Pangan Dinas Pertanian, yang yana Desa Mandiri Pangan ini mendapat dana bansos sebesar Rp 100 juta.
''Desa Mandiri Pangan Sungai Sembilan ini cukup sukses menggulirkan dana bantuan tersebut, ini sudah memasuki tahun keempat sejak digulirkannya pada tahun 2009 lalu, dan kini dana bergulir sudah keluar dari kelompk tani,''ujarnya.
Ketua Kelompok Tani, Jaya Mandiri Mulyono mengungkapkan Desa Mandiri Pangan Kelurahan tanjung Penyembal ini sudah memasuki tahun keempat yaitu terdiri dari tahapan persiapan, penumbuhan, pengembangan serta memasuki tahap kemandirian.
Pada tahap persiapan dan penumbuhan, Desa Mandiri pangan Tanjung Penyembal beranggotakan 40 orang dari beberapa RT dan memperoleh bantuan dara APBN sebesar Rp 100 juta.
''Alhamdulillah kami telah dapat melakukan kegiatan usaha meliputi kegiatan usaha On Farm, Of Farm dan kegiatan usaha Non Farm, yaitu kegiatan usaha tani holtikultura, kegiatan usaha perikanan, peternakan, jasa, pemasaran dan industri kerajinan rumah tangga,''ungkapnya.
Kedepannya tambah Mulyono, diharapkan kelompok tani dari Tanjung Penyembal ini agar bisa diberikan pelatihan lagi agar bisa meningkatkan hasil pertaniannya.***(rilis)

0 komentar:

Posting Komentar