Kuasai Tanah Milik Warga, PT.Pacifik Indopalm Industries Di Demo

Written By Unknown on Rabu, 05 Desember 2012 | 22.05


DUMAI –  PT. Pacifik Indopalm Industries yang berkolasi di Kecamatan sungai Sembilan, Kamis (6/12/12) pagi tadi di demo ratusan warga kelurahan lubuk gaung kecamatan Sungai Sembilan. Aksi demo yang dilakukan ratusan masyarakat lubuk gaung ini merupakan buntut dari aksi pencaplokan  lahan yang dilakukan oleh PT. Pacifik Indopalm Industries terhadap tanah  milik Yunus dan Mahadar di Kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan.

Aksi demo menuntut hak tanah yang dicaplok perusahaan itu berlangsung persisnya di pintu masuk area perusahaan itu sendiri. Demo bentuk protes ini sendiri juga mendapatkan pengawalan pihak kepolisian (Polres) Dumai yang disiagakan di depan pintu gerbang kantor Pacifik Indopalm Industries.

Disela-sela orasinya, masyarakat Lubuk Gaung tersebut meminta lahan yang di duduki perusahaan untuk dikembalikan. Pasalnya, kedudukan perusahaan dan legalitas surat tanah duluan milik warga ketimbang punya perusahaan itu sendiri. Tanah yang dicaplok itu luasnya 41 meter X 400 meter. Jumlah luas tanah itu sesuai dengan ukuran yang tertera pada dokument milik warga setempat.

"Kita minta perusahaan mengembalikan tanah kami. Ini namanya sudah perampasan hak. Dan aksi demo ini bentuk protes dan pernyataan sikap sebagai salah satu upaya mengambil haknya masyarakat. Kalau tidak percaya ini ada bukti documen kepemilikan hak tanah dan duluan siapa yang memilikinya," cetus Ahmad disela-sela orasinya di depan pintu gerbang areal perusahaan Pacifik Indopalm Industries.

Tidak itu saja, warga juga meminta kepada perusahaan untuk mengembalikan tanah ataupun membayar ganti rugi sebagaimana mestinya transaksi pembelian tanah. Namun apa yang disampaikan warga itu tak juga mendapatkan respon positif dari perusahaan. Malah perusahan lebih menunggu penyelesaiannya di Pengadilan Negeri Dumai, mengingat persoalan ini masuk ranah hukum Perdata.

"Perusahaan sejauh ini tidak bisa memberikan jawaban atas apa yang disampaikan masyarakat ini. Kami hanya bisa menunggu hasil sidang yang digelar hari Senin mendatang. Karena semua persoalan ini yang menangani dari Jakarta," kata humas Pacifik -Indopalm Industries saat menemui para pendemo di depan pintu masuk perusahaan.

Hingga berita ini diturunkan, aksi demo yang dilakukan warga Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan masih berlangsung dan berjalan dengan tertib serta mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian. Kendati sudah ditemui pihak perusahaan, namun sejauh ini warga masih bertahan diri dan minta penjelasan atas lahan yang di caplok perusahaan bidang pengolahan minyak kelapa sawit itu.***(fik)

0 komentar:

Posting Komentar