Penyebab Banjir: Dinas PU Diminta Tinjau Ulang Sejumlah Drainase

Written By Unknown on Senin, 03 Desember 2012 | 22.05


DUMAI - Banjir yang mengenaingi sejumlah kawasan di wilayah Dumai, nampaknya menjadi persoalan pelik yang tak kujung tuntas. Namun atas kejadian ini, seluruh masyarakat yang berada di dua kelurahan yaitu, Jaya Mukti dan Tanjung Palas Kecamatan Dumai Timur, Senin (3/12/12) kemarin menggelar pertemuan di kantor kecamatan setempat dan dihadiri Wakil Ketua DPRD Dumai Zainal Abidin.

Dalam pertemuan itu, masyarakat meminta kepada Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Pekerjaan Umum setempat untuk meninjau ulang kondisi drainase yang menyempit di Jalan Janur Kuning Kelurahan Jaya Mukti. Kondisi drainase tersebut, menurut warga setempat tidak berfungsi secara maksimal hingga akhirnya menimbulkan banjir setiap musim penghujan tiba mengguyur wilayah Dumai terkhusu di Kecamatan Dumai Timur.

Bukan itu saja, warga yang telah melaksanakan gotong royong pembersihan parit di Jalan Siliwangi dan Muslim meminta pada anggaran APBD 2013 dimasukan sehingga digunakan pembangunan drainase sistem permanen. Harapan masyarakat ini sendiri disampaikan saat bertemua di Kantor Kecamatan Dumai Timur, soal membahas solusi dampak banjir yang kian hari kian tidak tuntas saja.

Selain masalah drainase, warga di dua kelurahan itu juga meminta pihak kecamatan setempat untuk menyediakan tong sampah siap angkut. Hal itu diminta untuk mengantisipasi masyarakat setempat tidak membuang sampahnya di parit hingga menimbulkan penyumbatan saluran air pembuangan. Kemudian warga juga meminta kepada pemerintah setempat untuk menambah armada pengangkut sampah.

Wakil Ketua DPRD Dumai Zainal Abidin disela-sela pertemuan ini akan berusaha semaksimal mungkin menampung aspirasi masyarakat menyangkut persoalan banjir yang kini menjadi momok setiap musim penghujan tiba. "Tugas sebagai wakil rakyat yaitu menampung semua aspirasi dan di perjuangkan pada penganggaran dana setiap APBD. Untuk itu, semua persoalan ini akan saya bawa di rumah wakil rakyat guna diperjuangkan," katanya.

Kemudian mengenai drainase Janur Kuning, kata Zainal, pihaknya sepakat untuk mendesak Dinas Pekerjaan Umum setempat menijau ulang drainase tersebut. Pasalnya dalam peninjauan langsung itu, Zainal Abidin yang juga Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Dumai melihat kondisi drainase tersebut mengalami penyempitan sehingga perlu dilakukan pembenahan agar kondisi tempat pembuangan air lancar.

"Saya sangat setuju apa yang disampaikan masyarakat setempat untuk mendesak Dinas PU Dumai menijau ulang drainase Janur Kuning yang kondisinya menyempit itu. Jadi apa yang disampaikan masyarakat ini, perlu direspon langsung dan ditindaklanjuti pada program pembangunan anggaran 2013 mendatang. Sebab banjir ini sudah menjadi momok masyarakat Kecamatan Dumai Timur yang perlu penuntasan," ujar Ketua DPD PAN Dumai.

Sedangkan mengenai tong sampah dan penembahan armada pengangkut sampah, Wakil Ketua DPRD Dumai Zainal Abidin sangat mendukung harapan masyarakat tersebut. Karena apa yang diharapkan masyarakat itu, menyangkut sosial dan penanggulangan persoalan banjir ketika musim penghujan tiba. Bahkan pihaknya akan memperjuangkan persoalan ini dan dimasukan dalam anggaran APBD 2013 mendatang.warga juga menyempaikan setiap kelurahan bak sampah ukuran dan penambahan armada sampah.***(mad)

0 komentar:

Posting Komentar