Curah Hujan Tinggi, Akses Dumai - Sungai Paknig Putus

Written By Unknown on Kamis, 13 Desember 2012 | 20.30

Terlihat bahu jalan rata dengan air
Lensadumai-Tingginya Curah hujan beberapa hari ini menyebabkan satu-satunya akses  jalan lintas Dumai - Sungaipakning beberapa pekan ini sulit dilalui. kondisi tersebut mengakibatkan warga tidak dapat melintasi jalan yang berada di daerah Selinsing Dumai.
Ruli (32) salah sorang warga yang menjaga dan mengarahkan kendaraan yang melintasi jalan tersebut menjelaskan, pada waktu hujan, ketinggian air mencapai satu meter lebih.

 ‘’Sudah lebih dari sepekan ini jalan banjir. Coba saja kalau mau lewat di tengah jalan, pasti mesin kendaraannya tenggelam,’’ kata Ruli kepada Riau Pos, Selasa (11/12).

Pemandu jalan yang rela berkemah di  lokasi jalan yang tergenang itu, setiap hari memandu kendaraan yang akan melintasi jalan Dumai-Pakning itu.

 ‘’Kalau tidak kita pandu, takutnya kendaraan roda empat yang melintasi jalan tergenang itu nanti terjebak lubang pula, kita tidak meminta bayaran, namun terkadang pengendara itu memberikan kita sedikit uang sebagai jasa penunjuk jalan,’’ katanya.

Tidak sedikit kendaraan roda empat yang terpuruk di dalam genangan banjir tersebut, karena ada beberapa bagian jalan yang tergenang yang didasarnya berlumpur.

Pantauan dilokasi, akses Jalan Dumai Pakning nampak berlumpur, sedikitnya ada sekitar 12 kawah besar seluas badan jalan dengan lebar sekitar 4 meter dan panjang sekitar 5 meter bahkan ada yang 6 meter. kendati telah dilakukan pemimbunan beberapa kali, namun kondisi tersebut tetap sulit dilalui akibat keberadaan saluran air yang tidak berfungsi.

Hujan yang mengguyur hampir setiap hari menyebabkan kedalaman kawah menjadi semakin besar, akibatnya banyak warga yang urung untuk melintasi jalan Dumai-Sungaipakning itu. Kadis PU Dumai Joni Amdani, beberapa waktu lalu menjelaskan, bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan PU Provinsi Riau.

 ‘’Jalan itu merupakan jalan provinsi yang menghubungkan Dumai dengan Kabupaten Bengkalis. Kemarin kebetulan ada staf PU meninjau langsung ke lokasi, dan kita langsung menghubungi pihak provinsi,’’ kata Kadis PU Dumai Joni Selasa (11/12).

Selasa (11/12) menurut Kadis PU Dumai itu, pihak PU Provinsi sudah sampai ke Dumai.  ‘’Kabarnya mereka sudah melihat lokasi jalan yang putus itu, dan semoga saja kerja penimbunan jalan akan segera dilakukan oleh pihak provinsi, orang provinsi langsung membawa alat berat,’’ tutur Joni Amdani.(rik)

0 komentar:

Posting Komentar